Sabtu, 31 Oktober 2009

Seberapa Cepat Website Anda

Seringkali kita jengkel bila membuka situs yang loadingnya (proses membuka halamannya) lama minta ampun. Udah lama, error lagi! Padahal waktu kita tidak banyak (maklumlah dikejar-kejar biling warnet :p). Biasanya kita akan segera menutup halaman situs itu dan segera mencari situs lain yang isinya sama tapi lebih cepat proses loadingnya.


Bayangkan bila itu terjadi pada situs anda sendiri? Tentu bukan saja pengunjung, bahkan anda sendiri pun tentu akan sangat kecewa. Bagaikan seorang pemilik toko yang ditinggalkan pelanggan gara-gara terlalu lambat dalam memberikan service. Betapa sangat kecewanya kita, padahal kita sudah susah payah berupaya menyajikan kontent yang sebaik mungkin.

Bagaimana agar hal itu tidak terjadi?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal itu, diantaranya adalah karena anda membebani situs anda dengan terlalu banyak script-script tambahan. Script biasanya terkandung dalam widget-widget yang bukan bawaan dari blogger. Karena itu ia menyimpan file scriptnya (ber-ekstensi *.js) di server hostingan lain. Ketika kita membuka situs/blog maka pada saat itu kita memanggil semua file yang tersebar di berbagai server hosting itu. Itulah yang menyebabkan proses menampilkan halaman situs jadi semakin lama. Masalah terjadi bila file-file itu ternyata gagal dipanggil, misalnya karena masalah pada server hosting, gangguan pada koneksi internet dll. Akibatnya halaman situs kita pun akan menjadi error dan tidak tampil sempurna.

Demikian pula halnya yang terjadi jika anda memasang terlalu banyak gambar-gambar, banner ataupun flash movie. Selain memberatkan situs, juga akan komputer client yang sedang mengakses. Jangan anggap bahwa semua pengguna internet itu pasti menggunakan komputer canggih kelas pentium 4 ke atas. Hingga saat ini masih banyak warnet-warnet atau bahkan rumahan yang masih menggunakan komputer lama kelas pentium 3 ke bawah.

CSS Code

Hal lain yang juga sering dibahas adalah kerampingan CSS code. Jika anda membuka 'Edit HTML' template blog anda, anda akan mendapati sejumlah kode-kode yang bagi newbie seperti saya agak memusingkan. Didalam kode-kode itu diantaranya ada kode CSS yang berfungsi untuk mengatur tampilan antar muka situs kita. Seperti; warna border, warna background, jenis dan besar fonts, lebar kolom, dll.

Konon katanya diantara kode-kode yang bertebaran itu sebenarnya ada kode yang tidak perlu atau tidak terlalu penting. Semakin banyak kode yang tidak penting 'nangkring' dalam template kita, maka ia akan semakin menjadi beban terhadap situs kita. Untuk mengatasi hal ini biasanya ada situs-situs yang menyediakan jasa kompresi kode CSS agar lebih ramping dan ringan. Info lebih lebih lanjut silahkan tanya ke mbah google, pasti dibantu. he.. he.. :D

Tentu saja jika digunakan dengan tepat dan sesuai keperluan, hal itu semua akan sangat menguntungkan. Tampilan situs yang cantik, ditambah dengan isi content yang sangat menarik tentu akan sangat mengundang orang untuk mengunjungi halaman situs anda.

Seberapa Cepat Situs Anda?

Untuk mengukur seberapa cepat proses loading situs anda silahkan masukkan url (alamat situs) anda di dalam kotak berikut ini lalu tekan "Check" .



Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)







(eg. iwebtool.com)









Powered by iWEBTOOL

2 komentar:

  1. great article..
    emang kita sbg blogger harus memilih bagaimana supaya loading blog tidak lemotz,, biar pembaca ga pada lari... hehehe

    BalasHapus
  2. Thank for the comment mas aldrix. Cuma bisa omong nih, padahal blog sendiri juga ternyata lemot he.. he.. :))

    BalasHapus

Terimakasih untuk komentar anda yang bertanggung jawab.

Related Post

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...