Sabtu, 06 Februari 2010

KEBODOHAN DAN BANYAKNYA GEMPA

Diantara tanda-tanda sa'ah (hari akhir/zaman akhir) adalah dicabutnya ilmu sehingga kebodohan merebak, banyak terjadi bencana gempa, merebaknya fitnah dan banyak terjadi kekacauan, akibat peperangan. Sebagaimana hadis nabi saw.:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقْبَضَ الْعِلْمُ ، وَتَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ ، وَيَتَقَارَبَ الزَّمَانُ وَتَظْهَرَ الْفِتَنُ وَيَكْثُرَ الْهَرَجُ وَهُوَ الْقَتْلُ
Tidak akan terjadi Sa’ah sampai ilmu dicabut., banyak terjadi gempah bumi, zaman itu saling berdekatan, fitnah-fitnah menjadi tampak dan banyak kekacauan, yaitu peperangan ( Bukhari, Ibnu Majah dari Abu Hurairah ra dan Kanzul-Umal, Juz 14 / 38400 )

تَقُومُ السَّاعَةُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ، وَلَيْسَ بَهِيمَةٌ إِلاَّ وَهِيَ رَافِعَةٌ رَأْسُهَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ تَشْفَقُ مِنَ السَّاعَةِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ
Sa’at terjadi pada hari Jumat; dan tidak ada binatang kecuali ia mengangkat kepalanya pada hari Jumat itu, karena takut pada Sa’ah itu sampai matahari terbenam ( Ad-Dailami dari Abu Hurairah ra dan Kanzul-Umal, Juz XIV / 38561 )

لاَتَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ نَهَارًا
Sa’ah tidak akan terjadi kecuali pada siang hari ( Abu Nu’aim dari Abu Hurairah ra dan Kanzul-Umal, Juz XIV/ 38562 )


Yang dimaksud ilmu disini tentu bukan ilmu duniawi. Karena kita sama-sama ketahui bahwa ilmu pengetahuan sekarang ini demikian majunya. Namun disisi lain ilmu ukhrowi yakni pengetahuan agama yang membimbing manusia ke arah Tuhannya, semakin jauh dari umat manusia masa kini. Ilmu agama dipelajari bukan untuk difahami dan diamalkan sebagaimana mestinya. Namun hanya sekedar untuk modal mencari kehidupan duniawi. Mesjid-mesjid dibangun dengan megahnya namun kosong dari petunjuk. Ulama-ulama malah menjadi sumber fitnah yang menimbulkan perpecahan umat. (al-hadis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk komentar anda yang bertanggung jawab.

Related Post

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...